Minggu, 29 Juli 2018

POTENSI DI DESA CAMPAKA



Sumber Daya Alam (SDA)  

Desa Campaka merupakan salah satu desa yang memiliki letak cukup strategis. Karena secara geografis, di sebelah timur Desa Campaka dilalui oleh aliran sungai permanen, yang keberadaannya bermanfaat bagi kegiatan pertanian. Disamping itu, aliran dari sungai tersebut sebagian dimanfaatkan masyarakat untuk menabang pasir dan batu koral. Demikian juga kondisi lahan yang relative datar dan subur sangat mendukung produktivitas hasil pertanian. Sebagian besar masyarakat Desa Campaka memanfaatkan lahannya sebagai lahan pertanian. Pada bidang pertanian, terdapat beberapa jenis tanaman yang ditanam oleh para petani desa antara lain singkong dan tembakau. Di desa Campaka, jenis tanaman singkong mendominasi beberapa lahan persawahan di desa ini.
       Campaka merupakan desa yang berada disalah satu kabupaten yang ada di Madura yakni Kabupaten Sumenep. Campaka mempunyai beberapa potensi yang bisa menjadikan perekonomian di desa tersebut melesat tinggi. Potensi desa campaka yaitu:

1. Tembakau

Tembakau merupakan hasil bumi yang termasuk komuditas perkebunan. Tembakau dikonsumsi bukan untuk dijadikan makanan tetapi dijadikan sebagai bahan baku utama dari pembuatan rokok dan cerutu. Kandungan yang dimiliki oleh tembakau juga bisa dijadikan sebagai pestisida dan bahan baku obat.

Perkebunan Tembakau di Desa Campaka

Penduduk Desa Campaka sebagian besar mempunyai lahan perkebunan tembakau. Hasil panen dari tembakau akan diolah bahan baku setengah jadi lalu dijual kepada pengepul tembakau untuk dijadikan rokok.

2. Kelapa

Selain dari tembakau, Desa Campaka juga memiliki sebagian besar perkebunan kelapa meskipun tidak berada di daerah pesisir pantai. Kelapa merupakan pohon serbaguna bagi masyarakat Desa Campaka. Hampir semua bagiannya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat misal, batang pohon dijadikan sebagai papan untuk rumah, daunnya bisa digunakan sebagai janur untuk ketupat atau untuk pernikahan, tangkai anak daun digunakan sebagai pembuatan sapu lidi, buahnya bisa dijadikan sebagai makanan maupun minuman dan bahkan serabut kelapanya pun bisa dijadikan bahan baku kerajinan.


Perkebunan kelapa di Desa Campaka

3. Singkong

Ketela pohon/ubi kayu/singkong merupakan tanaman yang berada di daerah tropika dan sub tropika. Singkong merupakan sumber energi yang mengandung banyak karbohidrat. Kandungan utama dari singkong sendiri adalah pati dengan sedikit glukosa sehingga mempunyai rasa sedikit manis. Sari pati dari singkong dapat dijadikan sebagai tepung tapioka sehingga bisa dijadikan sebagai pengganti beras untuk makanan pokok. Selain itu, singkong bisa dimasak menjadi tape, keripik, dan makanan olahan lainnya. Daun singkong pun mempunyai sumber protein yang bagus karena mengandung asam amino.

Perkebunan singkong di Desa Campaka
Masyarakat Desa Campaka menanami lahan kosong dengan pohon singkong. Sebagian masyarakat mengolah singkong menjadi keripik singkong yang setengah jadi dan dijual ke desa lain. Sehingga masyarakat bisa menghasilkan lapangan pekerjaan sendiri.

4. Sapi dan Ayam

          Perekonomian di daerah Desa Campaka mempunyai kemajuan yang signifikan. Beberapa masyarakat Desa Campaka mempunyai perternakan seperti ayam dan sapi. Ayam lokal dan sapi memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi bibit unggul dalam upaya menunjang ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan petani.

1 komentar: