Minggu, 22 Juli 2018

SEJARAH DESA CAMPAKA

          Desa Campaka sudah ada sejak tahun 1940-an. Untuk itu dalam menilas babat desa khususnya desa Campaka juga perlu mempelajari asal usul dengan para sesepuh Desa Campaka yang masih ada. Dasar lain agar mendekati kebenaran tentang babat Desa Pasongsongan bisa dilihat peninggalan-peninggalan yang masih ada, cerita-cerita para orang dulu, apalagi Desa Campaka ada tertulias adanya palang atau Kepala Desa Campaka, nama Desa Campaka diambil dari nama tumbuhan yaitu pohon Cempaka.
Peta Desa Campaka

              Desa ini berbatasan dengan Desa Prancak, tempatnya sebelah barat, kemudian sebelah utara berbatasan dengan Lebbeng Timur dan sebelah timur berbatasan dengan Desa Rajun dan sebelah selatan berbatasan dengan Desa Ganding. Secara kebetulan Desa Campaka dikelilingi oleh beberapa desa baik itu desa dari luar Kabupaten atau dalam Kabupaten dengan bentuk wilayah ovale dimana kondisi jalan-jalan desa yang sangat memprihatinkan, yaitu jalan masih banyak yang berupa jalan tanah karena selama ini kurang disentuh oleh program-program Pemerintah.

     Letak Geografis Desa Campaka
    Desa Campaka adalah salah satu Desa yang ada diwilayah Kecamatan Pasongsongan Kabupaten Sumenep dengan Batas-batas wilayah sebagai berikut:

a)      Sebelah Utara        Desa Lebeng Timur

b)      Sebelah Timur        : Desa Rajun

c)      Sebeah Selatan     : Desa Ganding

d)     Sebelah Barat        : Desa Prancak


     Kondisi Fisik Desa Campaka

Kondisi wilayah Desa Campaka terdiri dari tanah bengkok seluas 1.241, 8494 . Tanah Pangonan seluas 143.525  , Tanah Pekarangan Seluas 145.5 , Tanah Peladangan seluas 22.41 , Tanah tegalan seluas 345.6 , dan tanah pekuburan seluar 5.7 .



                                    Tabel 2.1. Kondisi fisik Desa Campaka
No.
Pemukiman
Sawah Irigasi Teknis
Irigasi Non Teknis
Pekuburan
Lain-Lain
1
12.744 Ha
98 Ha
12 Ha
3,531 Ha
12.125 Ha


Tidak ada komentar:

Posting Komentar